MIDI, MIDI Controller dan MIDI File

Bagi yang belum pernah mendengar atau masih bingung dengan apa itu MIDI, halaman ini untuk Anda. Diharapkan dengan ini Anda dapat dengan mudah masuk dan mengerti sisi digital dari musik dan sound.

Pada bagian ini kami mencoba membahas MIDI dalam pemahaman umum dan tidak akan membahas hingga masalah teknis seperti MIDI channel, layer, dan sebagainya.

 

Apa itu MIDI

MIDI adalah singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. MIDI secara singkat dapat diartikan sebagai protokol komunikasi yang diciptakan dengan tujuan untuk menghubungkan alat musik secara digital kepada komputer dan sebaliknya agar dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Teknologi MIDI sudah eksis selama lebih dari 30 tahun, dan telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak pertama kali diciptakan.

Jadi, MIDI bukanlah sound atau frekuensi gelombang suara tertentu, melainkan adalah data. Protokol komunikasi antar peralatan elektronik yang berisi instruksi-instruksi secara digital.

MIDI File (.mid)

Bagi pemain keyboard, mungkin pada umumnya sudah lama mengenal file MIDI (berekstensi .mid). Dan banyak yang menyebut istilah ‘MIDI’ dengan maksud mengacu pada file MIDI. Bahkan banyak pula yang menganggap file MIDI adalah lagu. Pemahaman ini tidak seluruhnya salah, tetapi sebenarnya MIDI bukanlah lagu yang berbentuk digital. Berbeda dengan file/track lagu pada umumnya misalnya MP3, wav, dsb.

File MIDI dapat berisi berbagai macam layer instruksi digital yang meliputi pitch (tinggi nada), tingkat volume pada tiap nada, jenis sound, hingga fungsi transport (play, pause, stop), dan fungsi lainnya.

Jadi, ketika sebuah file ‘lagu’ MIDI (.mid) di-copy ke dalam media penyimpanan seperti USB/Memory card dari komputer, dan di-play/dimainkan pada keyboard, yang terjadi sebenarnya bukanlah bahwa keyboard tersebut memainkan lagu MIDI layaknya memainkan file musik seperti MP3/wav, melainkan yang terjadi sebenarnya adalah keyboard tersebut menjalankan instruksi yang ada di dalam file MIDI tersebut, yang memerintahkan keyboard tersebut untuk memainkan nada-nada tertentu, dengan irama tertentu, dan menggunakan bunyi sound tertentu yang sudah ada di dalam keyboard tersebut. Bukan sound yang direkam dari komputer dimana file itu berasal.

 

MIDI Controller

MIDI Controller adalah alat yang digunakan untuk mengontrol software (umumnya software musik dan visual) pada PC/laptop atau smart devices menggunakan protokol MIDI.

MIDI controller sekarang ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk di pasaran. MIDI Controller bisa berbentuk keyboard, pad, drum, perkusi, alat DJ, hingga gitar dan bahkan alat musik tiup.

 

Seiring perkembangan jaman dan teknologi layar sentuh, kini MIDI controller bahkan dibuat secara virtual dalam bentuk software. Jadi pada implementasinya, software mengontrol software.

 

Adapun metode menghubungkan perangkat/device (misalnya MIDI controller) yang satu dengan yang lainnya (misalnya komputer), pada mulanya menggunakan konektor MIDI DIN (3-pin dan 5-pin) dan berkembang menjadi USB MIDI.

Secara singkat, menghubungkan kabel MIDI sangatlah mudah. Colokkan kabel MIDI pada jack MIDI OUT untuk perangkat yang ingin digunakan sebagai controller (biasanya berupa alat musik/MIDI controller), dan kemudian colokkan ujung kabel MIDI satunya pada jack MIDI IN untuk perangkat yang ingin dikontrol (biasanya berupa sound module atau komputer).

 

 

Premium Wordpress Themes