Memilih Keyboard Nord

Product Information

Bagi anda yang berkecimpung di dunia musik, khususnya keyboardist, pianis, dan musisi elektronik, anda pasti pernah mendengar tentang Nord. Perusahaan asal Swedia ini meng-assembly sendiri produk mereka di Swedia dan telah mempunyai pengalaman puluhan tahun dalam membuat keyboard, synthesizer, organ, dan digital piano premium, yang semuanya dikemas dalam desain bernuansa merah yang sangat ikonik dan mentereng.

Di Indonesia sendiri, Nord menempati salah satu urutan teratas di kelas brand atau merk keyboard dan digital piano, dan telah dikenal mempunyai built-in sound kelas dunia, mulai dari sound piano terbaik dunia asal Amerika, Steinway&Sons, piano terbaik dari Italy, Fazioli, piano terbaik Jerman, Bosendorfer, Organ Hammond, dan masih banyak lagi.

Tetapi bagi Anda yang baru pertama kali mengenal Nord, dan mungkin masih bingung dengan perbedaan antara line-up produk Nord, berikut penjelasannya secara singkat.

  1. Nord Piano
    • Sesuai namanya, Nord Piano adalah digital piano Nord yang hanya mempunyai sound Piano dan sejenisnya, dan tidak termasuk sample sound alat musik lain, engine synthesizer, drawbar organ, dan sebagainya. Di sisi lain, Nord Piano menawarkan jenis keybed Hammer Action paling realistik hingga 88-keys dan mempunyai feel dan artikulasi paling akurat hingga mendekati piano akustik. Jadi bagi anda yang pianis, Nord Piano adalah pilihan terbaik.
  2. Nord Lead
    • Nord Lead adalah line-up synthesizer dari Nord. Synthesizer sangat membantu bagi Anda yang berprofesi sebagai producer, yang memungkinkan Anda membuat dan mendesain sound (bukan musik) anda sendiri menggunakan engine sound generator yang dimodifikasi menggunakan berbagai macam metode dan parameter-parameter sound shaping. Nord Lead juga tersedia dalam bentuk berupa synth module (tanpa keyboard) bagi yang ingin mengontrol sound menggunakan keyboard MIDI controller lain.
  3. Nord Electro
    • Nord Electro adalah sample-based keyboard. Artinya, sound yang ada di dalamnya semuanya merupakan sample sound dari berbagai alat musik dengan kualitas terbaik. Termasuk sound piano kelas dunia. Nord Electro juga menawarkan engine drawbar organ, tetapi tidak mempunyai engine synthesizer seperti pada Nord Lead. Jadi bagi anda yang lebih berkecimpung dalam dunia electronic music ataupun sebagai live performer yang ingin mempunyai akses langsung pada berbagai macam sound, Nord Electro adalah pilihan yang tepat.
  4. Nord Stage
    • Nord Stage adalah line-up dengan fitur engine paling komplit, yang menggabungkan semua fitur yang terdapat pada keyboard Nord lainnya, baik itu Nord Piano, Nord Lead, dan Nord Electro. Nord Stage menawarkan sound piano kelas dunia, engine synthesizer yang sangat powerful, serta berbagai macam sample sound, dan semua berada dalam satu unit yang ditawarkan dengan 3 macam model keybed yang berbeda, mulai dari SW (Semi-weighted), HP (Hammer Portable), dan HA (Hammer Action) sesuai dengan kebutuhan. Singkatnya, Nord Stage didesain bagi musisi/performer/producer yang menginginkan semua fitur dan engine Nord dalam satu keyboard.
  5. Nord C2D Combo Organ
    • Nord C2D Combo Organ adalah organ digital dari Nord yang secara fisik didesain menyerupai organ tradisional dengan dua set drawbar fisik, dan menawarkan berbagai macam engine simulasi organ termasuk B3 tone wheel organ dari Nord sendiri, berbagai model pipe organ, hingga simulasi organ transistor pada tahun 1960-an yakni VOX dan Farfisa. Bagi anda yang sedang mencari organ, C2D adalah pilihan yang paling tepat karena menawarkan sound engine yang sangat luas, namun ringkas, portable, dan terjangkau dibandingkan organ tradisional.
    • C2D juga dapat dipasangkan dengan Nord PK27 yaitu pedal key untuk memainkan bass, sehingga memberikan pengalaman bermain organ yang sebenarnya.
  6. Nord Drum
    • Bagi Anda yang drummer, Nord juga mempunyai Nord Drum, yaitu modul analog synthesizer untuk drum elektrik, dimana Anda dapat menghubungkan drum elektrik apa saja, dan menggunakan Nord Drum sebagai sound module, sehingga Anda dapat mendesain sound drum unik anda sendiri dengan berbagai parameter yang tersedia.
    • Dan bagi Anda yang tetap ingin menggunakan sound module dari drum elektrik bawaannya sendiri, Nord juga menawarkan Nord Pad untuk dihubungkan dengan modul Nord Drum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai trigger pad tambahan pada drum kit Anda.

 

Jadi, bagi Anda yang tertarik memiliki produk Nord, melalui buying guide ini diharapkan dapat membantu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Premium Wordpress Themes